oleh

Sekolah Nomor Satu, Bupati Bangka Tengah Ingin Pendidikan Jadi Prioritas

KOBA | Jejakkriminal.com – Gedung Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) diresmikan Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman sekaligus memberikan Bantuan Perlengkapan Sekolah bagi Siswa SD dan SMP se-Kecamatan Koba, bertempat di Komplek Eks PT. Kobatin, Selasa (24/01/2023).

Dengan diresmikannya gedung SPNF SKB ini, diharapkan dapat menjadi sarana untuk memajukan pendidikan di Bangka Tengah serta dapat menuntaskan pendidikan yang sempat terputus.

Data peserta didik yang mengikuti pendidikan kesetaraan pada SPNF SKB dan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) di Kabupaten Bangka Tengah per Desember 2022 berjumlah 1.490 yang tersebar pada 6 kecamatan. Untuk Kecamatan Koba sendiri telah terdaftar sebanyak 114 siswa yang mengikuti berbagai paket yakni A, B, dan C.

Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah berharap, dengan didirikannya Gedung SPNF SKB yang dilengkapi dengan 3 lokal dan 2 toilet ini agar dapat menjadi penyemangat bagi masyarakat yang akan melanjutkan pendidikan yang terhenti.

“Kami bangun gedung ini agar mereka merasa nyaman. Semangat mereka patut diacungi jempol karena antusias untuk melanjutkan sekolah. Hal ini diharapkan akan menjadi contoh yang baik bagi anak-anak usia sekolah untuk tidak kalah bersemangat dengan orang tua dalam menimba ilmu. Sekolah itu nomor satu, pendidikan itu prioritas,” jelas Algafry.

Wajimin (68) warga Arung Dalam, adalah siswa tertua yang terdaftar dalam program ini. Pria yang kesehariannya bekerja sebagai Petugas Kebersihan ini punya alasan tersendiri untuk melanjutkan pendidikannya dengan mengambil paket A.

“Motivasi saya melanjutkan sekolah cuma satu, yaitu anak. Anak saya masih sekolah di Yogyakarta. Walaupun gaji saya sedikit tapi setidaknya saya masih tetap bisa bekerja dan bisa punya ijazah nanti,” ungkapnya bersemangat.

Sementara itu, Iskandar selaku Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah mengatakan, bahwa program ini digalakkan guna mengejar ketertinggalan dalam rata-rata lama sekolah.

“Kami dari Dinas Pendidikan berusaha untuk meningkatkan secara signifikan angka rata-rata lama sekolah, dengan mendirikan PKBM dan memperbanyak Pokja yang ada di desa-desa. Dengan adanya SKB juga bisa jadi motivasi untuk siswa SD, SMP, SMA yang ada di Bangka Tengah agar merasa malu kalau malas bersekolah, karena yang usianya lebih tua ternyata masih bersemangat belajar,” ujar Iskandar.

Selanjutnya, setelah acara pemotongan pita tanda diresmikannya Gedung SPNF SKB, Bupati Bangka Tengah secara langsung membagikan bantuan perlengkapan sekolah kepada 228 siswa se-Kecamatan Koba dengan rincian yakni 141 siswa SD dan 87 siswa SMP.

Perlengkapan sekolah yang dibagikan ini adalah berupa tas, seragam sekolah, kaos kaki, dasi serta topi.

“Semangat terus ya! Jangan menyerah!” pesan Algafry sembari membagikan bingkisan.

Turut hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah, Kepala OPD, Camat Koba, Lurah Koba, Plt. Kepala SPNF SKB, Kepala SD dan SMP se-Kecamatan Koba.

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed