Sekda Naziarto Optimis Prov Kep Babel Raih Predikat Terbaik KIP Award 2023

Nasional46 views

JAKARTA | Jejakkriminal.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Kep. Babel) terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) bagi masyarakat. Diketahui di tahun 2019 lalu, Pemprov Kep. Babel dinilai tidak informatif oleh Komisi Informasi (KI) Pusat dengan peringkat 33 nasional. Hal tersebut direspon dengan melakukan evaluasi dan perbaikan secara masif, terstruktur, dan terukur. Hingga pada tahun 2020 Kep. Babel melesat dengan meraih predikat informatif di peringkat ke-7 nasional, kemudian meraih predikat informatif dengan peringkat ke-6 nasional di tahun 2021, dan predikat informatif dengan peringkat ke-4 nasional di tahun 2022 lalu.

Tidak cukup sampai di situ, Sekretaris Daerah (Sekda) Kep. Babel Naziarto meyakini, insyallah peningkatan pelayanan KIP Pemprov. Kep. Babel akan mencapai puncaknya di tahun 2023. Bukan tanpa alasan, optimisme meraih predikat informatif terbaik 1 tersebut didasari atas berbagai upaya yang telah dilakukan oleh jajarannya.

Hal tersebut ia sampaikan kala memberikan paparan uji publik dalam Penilaian Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik 2023, di Grand Mercure Kemayoran Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Di hadapan para panelis, Sekda Naziarto menjelaskan secara komprehensif berbagai upaya yang dimaksud, di antaranya upaya pemanfaatan teknologi dan informasi yang terintegrasi hingga ke daerah, akses mudah dan inklusif bagi masyarakat termasuk disabilitas, pemanfaatan multiplatform berikut media sosial, inovasi jemput bola dengan mobil informasi (minfo), hingga layanan internet gratis bagi masyarakat. Menurutnya, Berbagai hal tersebut dilakukan demi menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan kemudahan akses atas keterbukaan informasi publik.

“ Kita optimis, atas segala upaya dan inovasi yang telah kita lakukan bersama, utamanya sektor informasi dan komunikasi oleh Diskominfo dan jajaran, insyaallah tahun ini kita optimis meraih predikat informatif dengan peringkat terbaik 1 dalam keterbukaan informasi publik,” ucap Sekda Naziarto.

Tiga orang panelis sebagai penguji paparan yakni Anton Pradjasto, Yosep Adi Prasetyo, dan Rospita Vici Paulyn, yang merupakan praktisi komunikasi KIP secara bergantian memberikan berbagai pertanyaan yang kesemuanya mampu dijawab dengan lugas dan baik oleh Sekda Naziarto yang didampingi oleh Kadiskominfo Babel Sudarman.

Lebih lanjut Sekda Naziarto juga berpesan kepada masyarakat, untuk turut memanfaatkan berbagai platform keterbukaan informasi yang telah disediakan oleh Pemprov Kep. Babel, seperti SP4N Lapor dan layanan informasi lainnya. Hal tersebut tentunya dalam rangka terus melakukan perluasan manfaat dari berbagai inovasi yang telah dilakukan.

“Pemprov. Kep. Babel sudah menyediakan pelayanan informasi secara masif untuk digunakan oleh masyarakat, mari kita manfaatkan teknologi yang ada, agar manfaatnya juga bisa kita rasakan bersama,” ucapnya.

Turut hadir memberikan keynote speech secara virtual, Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel Safrizal ZA berharap proses penilaian KIP 2023 dapat berjalan dengan baik, berbagai indeks keterbukaan informasi publik yang telah dipenuhi oleh Pemprov. Kep. Babel harapannya mampu memberikan gambaran tentang upaya peningkatan pelayanan keterbukaan informasi bagi masyarakat.

Diskominfo BABEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed