Safari Ramadan 1445 H di Bangka Tengah, Algafry: Bentuk Ekspedisi Spiritual

Nasional9 views

BANGKA TENGAH | Jejakkriminal.com – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman bersama Forkopimda dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka Tengah mengawali kegiatan Safari Ramadan 1445 H di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu (13/03/2024) dan dilanjutkan keesokan harinya di Masjid Al-huda Desa Lubuk Lingkuk, Kecamatan Lubuk Besar, pada Kamis (14/03/2024).

Kegiatan Safari Ramadan merupakan program Pemerintah Daerah Bangka Tengah dalam menyambut bulan suci ramadan dan akan berlangsung selama bulan Ramadan. Ini merupakan perjalanan untuk berdialog, berkomunikasi, dan bersilaturahim dengan masyarakat yang mungkin selama ini belum bisa menyampaikan aspirasi dan harapannya pada pemerintah.

Sebagaimana dianjurkan oleh Rasulullah, silaturahim memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah memperpanjang usia dan memperbanyak rezeki bagi yang melakukannya. Seperti hadis Rasulullah SAW. “Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah Ia menyambung silaturrahim,” (HR. Bukhari).

Pada hari pertama, tausiah agama di Pendopo diisi oleh Ustaz Hendi Kurniah dan membersamai masyarakat Lubuk Lingkuk yakni Ustaz Khoirul Faidzin.

“Safari Ramadan merupakan bentuk perjalanan yang dilakukan pada bulan ramadan tidak hanya bersifat material, namun juga merupakan bentuk ekspedisi spiritual. Yaitu semakin kita dekat dengan masyarakat sebagai bentuk semakin dekatnya kita kepada Allah SWT. Untuk itu, mari kita jadikan Safari Ramadan sebagai titik tolak untuk mengenali itu semua sebagai bagian dari ikhtiar kita untuk menjadi hamba-hamba yang bertakwa,” ucap Bupati Bangka Tengah.

Algafry juga menyerahkan secara langsung bantuan 1 unit dispenser, 1 unit jam digital untuk masjid Al-huda. Selain itu, dirinya juga menyalurkan 20 santunan anak yatim, dan 20 paket sembako yang bersumber dari Pemkab Bangka Tengah bekerja sama dengan BAZNAS Bangka Tengah.

Selain dari jajaran pemkab Bateng Turut hadir juga dalam kegiatan ini Ketua MUI Bangka Tengah, BAZNAS Bangka Tengah, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Bateng dan Ketua Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Bateng.

Bupati bersyukur bisa kembali bersilaturahmi bersama masyarakatnya di Desa Lubuk Lingkuk dalam momen Safari Ramadhan 1445 H.

“Alhamdulillah ini hari pertama kita melaksanakan safari ramadhan ke masjid-masjid yang ada di Bangka Tengah. Kegiatan ini akan rutin kita laksanakan selama bulan Ramadan ini, dari Senin sampai Kamis kita akan berkunjung dari masjid ke masjid,” jelasnya.

Diharapkan Algafry melalui Safari Ramadhan ini dapat memperkokoh ukhuwah islamiyah antara umat Islam dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Momentum membagikan ilmu pada bulan Ramadhan ini pahalanya sangat luar biasa. Semoga ibadah puasa yang kita laksanakan dapat di ridai Allah SWT dan semoga kita semua bukan termasuk orang-orang yang merugi,” ucapnya.

Seusai kegiatan Safari Ramadhan Algafry Rahman Beserta jajarannya juga menyempatkan untuk takziah ke rumah duka Alm. Asrul Korban terseret ombak saat mancing di Pantai Batu Berikat. Kehadiran orang nomer satu di Bateng ini untuk menyampaikan belasungkawa yang mendalam dan menyampaikan tali kasih kepada keluarga yang ditinggalkan.

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed