Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Raih Dua Kategori Penghargaan pada Naker Award 2023

Nasional47 views

JAKARTA | Jejakkriminal.com – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov. Kep. Babel) berhasil meraih dua kategori penghargaan dalam acara “Naker Award 2023” yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) di Balai Sarbini,Jakarta,Jumat (1/12/2023).

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA juga turut menghadiri acara yang di hadiri langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin ini.

Dua penghargaan diraih oleh Prov. Kep. Babel yakni Terbaik Kedua untuk Kategori Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Kategori Urusan Ketenagakerjaan Kecil dan Penghargaan Produktivitas Pramakarya Award Usaha Kecil Kategori Unggul yang diraih oleh CV Sepihak Belitong.

Menaker (Menteri Ketenagakerjaan) Ida Fauziyah mengatakan, Naker Award tahun 2023 ini adalah penggabungan dari berbagai penghargaan yang ada di Kementerian Ketenagakerjaan. Biasanya diberikan secara terpisah, namun kali ini disatukan.

Sekurangnya ada 4 kategori penghargaan yang diberikan pada acara ini, di antaranya:

1. Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan, penghargaan ini diberikan kepada Gubernur yang berhasil meraih prestasi dalam memajukan berbagai pencapaian indikator keberhasilan pembangunan ketenagakerjaan di daerah;

2. Penghargaan Olimpiade Pengupahan Berbasis Produktivitas, penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang telah menerapkan sistem pengupahan berbasis produktivitas dan membangun kesadaran sosial untuk menerapkan pengupahan yang adil dan berdaya saing melalui struktur skala upah upah minimum yang diputuskan oleh Gubernur hanya berlaku untuk bekerja di bawah 1 tahun selebihnya perusahaan harus menerapkan struktur skala upah;

3. Penghargaan Pengukuran Produktivitas, penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang telah berhasil menunjukkan secara nyata keberhasilan mereka dalam menerapkan konsep produktivitas dan kualitas dalam kehidupan usahanya baik secara umum maupun secara khusus di bidang produksi pemasaran tenaga kerja keuangan serta penerapan ketenagakerjaan dan penguasaan teknologi;

4. Penghargaan Perusahaan Terbaik, penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang berhasil menjalankan dan mengembangkan bisnisnya di Indonesia namun sekaligus berkontribusi terhadap pembangunan ketenagakerjaan nasional melalui pertumbuhan penempatan tenaga kerja baru inklusivitas dan ramah disabilitas pengembangan kompetensi dan karir pekerja dan buruk serta perhatian pada perlindungan dan pemenuhan hak pekerja atau buruk.

Sementara itu, Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh penerima penghargaan Naker Award Tahun 2023 ini.

“Semoga prestasi ini menjadi motivasi untuk berkontribusi lebih besar lagi bagi pembangunan ketenagakerjaan Indonesia. Saya juga meminta kegiatan ini tidak hanya dipandang sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi para pelaku industri dalam sektor atas kontribusi para pelaku industri dalam sektor ketenagakerjaan tapi juga dijadikan forum pembelajaran,” ujar Wapres Ma’ruf Amin.

Ia berharap para penerima penghargaan dapat berbagi praktek baik guna mendorong kinerja para pemangku kepentingan lainnya di Kementerian Ketenagakerjaan. Di samping itu juga, diharapkan dapat menjaga kesinambungan penyelenggaraan kegiatan ini serta terus mengembangkannya dengan mengajak semakin banyak pihak untuk berkontribusi terhadap pembangunan ketenagakerjaan Indonesia.

Yang menarik perhatian adalah khususnya pada Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan, yang salah satunya adalah masalah pengupahan, Provinsi Babel merupakan salah satu provinsi dengan tingkat kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) tertinggi di Indonesia sebesar 4,04% (Rp.3.640.000,-).

Diskominfo BABEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed