oleh

Kapolres Pangkalpinang Tanam Pohon Wujudkan Penghijauan Lingkungan di Lahan Eks Tambang.

Pangkalpinang|Jejakkrimanal.com- Kapolres Pangkalpinang AKBP Dwi Budi Murtiono, S.IK, M,H, ikut serta dalam Gerakan Penanaman Pohon di Jalan Pulau Pelepas Kelurahan Dul Kecamatan Pangkalan Baru, Tepatnya di samping terminal VVIP Bandara Depati Amir, jumat (28/22).

Gerakan penghijauan tersebut berupa aksi tanam satu juta Pohon. Dalam kesempatan tersebut, Hadir Kapolda Kep. Bangka Belitung Irjen. Pol Drs Yan Sultra I, SH, Gubernur Kep. Babel, Danrem 045/Gaya, Kajati Babel, Dirut PT.Timah, Wakapolda Kep. Babel, Pejabat Utama Polda Kep. Babel, Personil Polda Kep. Babel, Personil Polres Pangkalpinang dan seluruh steakholder terkait di Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung.

Kegiatan gerakan penghijauan ini merupakan terobosan dan ide solusi terbaik dari Kapolda Kep. Babel, yang akan terus berkelanjutan di lakukan bersama Forkopimda Provinsi Babel, Kota dan Kabupaten agar babel ini kembali hijau dan indah pasca penambangan.

Kegiatan gerakan penanaman satu juta pohon di Kota Pangkalpinang, merupakan kerja sama Polri dengan forkopimda Propinsi Babel, Kota dan Kabupaten serta TNI. Dalam rangka penghijauan dan Reboisasi khususnya di areal Bandara yang merupakan lahan Pasca Tambang, terang Kasi Humas Polres Pangkalpinang AKP Agus Widodo. Serta sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan, alam yang ada di Kota Pangkalpinang.

“Pohon berperan penting dalam kehidupan dan menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Manfaat terbesar dari pohon adalah menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup,” ujar Kapolres.

Kapolres saat di konfirmasi mengatakan “gerakan penanaman satu juta pohon ini, berfungsi dalam mencegah banjir dan longsor dalam saat musim hujan dan mencegah kebakaran dan kekeringan saat musim kemarau. Isu global yang hangat dibicarakan dewasa ini adalah isu pemanasan global, perubahan iklim, banjir dan erosi yang tidak terlepas dari akibat rusaknya ekosistem.”

Langkah kongkrit yang dapat ditempuh untuk mengatasi efek negatif yang akan terjadi pada lingkungan adalah dengan melakukan penanaman pohon demi terciptanya kelestarian lingkungan dan terjaganya keseimbangan iklim. Kegiatan penanaman pohon sendiri bertujuan untuk menciptakan areal yang asri dan menjadi paru-paru daerah sebagai upaya dengan berbagai manfaat lingkungan seperti menjaga keseimbangan sistem air di alam, mencegah terjadinya erosi dan pengikisan tanah, tambah Kapolres.

“Untuk itu harus diimbangi dengan pemeliharaan lingkungan dimana salah satunya dengan melakukan gerakan penghijauan dengan menanam pohon,” ujar Kapolres.

Dipantau dari gerakan penanaman satu juta pohon dihadiri lebih kurang 700 an personil gabungan Tni, Polri, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dan seluruh steakholder yang mendukung gerakan penanaman pohon di areal Bandara Depati Amir Kota Pangkalpinang.

(Agus)

Sumber :Humas Polres Pangkalpinang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed