BSKDN Raih Penghargaan The Most Responsive Participant dalam Kemendagri BerAKHLAK Award 2023

Nasional76 views

Jakarta| Jejakkriminal.com – Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meraih penghargaan sebagai The Most Responsive Participant. Penghargaan itu diterima BSKDN dalam acara Kemendagri BerAKHLAK Award 2023. Kegiatan ini sebagai ajang penghargaan bagi komponen Kemendagri yang telah berhasil mengimplementasikan budaya kerja BerAKHLAK sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian kepada Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kemendagri pada Selasa, 14 November 2023.

Dalam sambutannya, Mendagri mengatakan BerAKHLAK atau Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif merupakan konsep untuk memperbaiki birokrasi. Hal ini khususnya terkait masalah mentalitas dan moralitas serta lebih spesifik masalah layanan publik. “Ini sebetulnya sudah masuk dalam konsep visi-misi Bapak Presiden di awal masa beliau sebelum menjabat, pada saat kontestasi 2014, salah satu poinnya adalah melakukan revolusi mental,” jelasnya.

Mendagri mengimbau agar setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi agent of change yang memegang teguh konsep BerAKHLAK dalam menjalankan perannya sebagai abdi negara. Dia mengingatkan ASN agar memahami ilmu leadership dan ilmu menjadi staf yang baik bagi pemimpinnya.

Tidak hanya perubahan dari sisi personal ASN, konsep BerAKHLAK juga menginginkan adanya tranformasi yang memudahkan masyarakat mengakses pelayanan publik. Terobosan ini salah satunya dengan menerapkan digitalisasi yang terbukti membuat pelayanan publik menjadi lebih efektif dan efisien.

“Contohnya misalnya Dukcapil membuat seluruh Indonesia berbasis data satu, dan sekarang digunakan lebih dari 6.000 user, ini adalah salah satu terobosan yang luar biasa dari kemendagri,” jelasnya.

Mendagri berharap, adanya Kemendagri BerAKHLAK Award dapat memberikan motivasi bagi ASN di lingkungan Kemendagri untuk meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik. “Sekali lagi terima kasih banyak atas acara ini dan semoga acara ini memberikan inspirasi dan memotivasi kita untuk menjadi lebih baik,” pungkasnya.(red)

BSKDN KEMENDAGRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed