Belajar Ceria di Kebun Rumah Dinas Gubernur, Bentuk Kedekatan dengan Masyarakat dan Penguatan Kurikulum Pendidikan

Nasional240 views

PANGKALPINANG| Jejakkriminal.com – Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kepulaun Bangka Belitung (Kep. Babel) Sri Utami menerima kunjungan _study tour education_ dari 232 siswa/siswi SD Negeri 39 Kota Pangkalpinang, yang bertujuan untuk “Belajar Ceria di Kebun Bu Tami”, bertempat Rumah Dinas (Rumdin) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (4/2/2023).

Sri utami mengaku sangat senang menyambut kedatangan ratusan siswa/siswi tersebut yang begitu antusias. Dirinya menyebutkan bahwa kegiatan seperti ini akan terus berlanjut, karena ini amanat dari sang suami, Pj Gubernur Kep. Babel Ridwan Djamaluddin.

“Iya, bapak ingin dengan adanya kegiatan seperti ini, menjadi bentuk kedekatan kami dengan masyarakat. Jadi nggak ada gap antara masyarakat dan kita,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan oleh Kepala SD Negeri 39 Pangkalpinang Harliza, bahwa kegiatan _study tour_ yang membawa anak-anak muridnya ke kebun dan melihat hewan-hewan ternak yang ada di Rumdin Gubernur, merupakan kurikulum pendidikan yang berlaku saat ini.

“Kegiatan kali ini masuk ke dalam kurikulum pendidikan. Juga mengimplementasikan _project_ penguatan pelajar pancasila, salah satunya menanamkan rasa cinta kepada alam, bersyukur kepada Tuhan atas anugerah yang sudah mereka dapatkan. Kadangkala mereka masih lalai, menganggap tanaman itu adalah hal yang biasa,” ujar Harliza.

Tidak hanya itu saja, disebutkan oleh Harliza, rencananya setelah belajar dari Kebun Percontohan yang ada di Rumdin Gubernur, nantinya akan diimplementasikan pula di SDN 39 Pangkalpinang.

Kegiatan belajar ceria ini, dibagi menjadi tiga kegiatan, di mana kelas 1,2, dan 3, diajak untuk melihat juga mengenal sayur-sayuran yang telah ditanam dan hewan ternak yang ada di Rumdin Gubernur, seperti ayam, bebek, angsa, dan rusa.

Sedangkan kelas 4 dan 5, melakukan kegiatan menanam bayam dan terong dipandu oleh Dinas Pertanian Provinsi Kep. Babel. Lalu, untuk kelas 6, diajak untuk memetik/memanen tanaman cabai yang didampingi oleh anggota TP PKK Provinsi Kep. Babel.

Untuk menambah semangat para siswa/siswi yang telah bersedia belajar bersama, Pj Ketua TP PKK mengajak anak-anak tersebut untuk bermain quiz berhadiah. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pun berkaitan dengan pembelajaran pada hari ini.

Kemudian, para murid juga diberikan bibit bayam dan sawi, yang harapannya dapat ditanam dan dijaga, sesuai dengan apa yang dipelajari secara singkat namun bermakna ini.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kep. Babel Edi Romdhoni, dan Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Kep. Babel Azami Anwar.

Diskominfo Babel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed