oleh

Bateng Selenggerakan Pilkades Serentak Tahun 2022, Munzilin : Setiap Desa Anggarkan Rp.50 Juta

koba | Jejakkriminal.com- Sebagian dana pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggunakan APBDes. 29 Desa yang melaksanakan Pilkades tersebut rata-rata menyediakan anggaran sebesar Rp.50 juta.

“Bener, Desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak tahun 2022 sudah menganggarkan melalui APBDes. Rata-rata setiap desa menganggarkan dana sebesar Rp.50 juta,” kata ketua APDESI Bateng, Munzilin, Sabtu (19/02/2022).

Munzilin menyebut, dana itu digunakan untuk kebutuhan panitia pelaksana, seperti sewa tenda, honorarium dan lain-lain.

“Saat ini sudah masuk dalam tahapan pembentukan panitia Pilkades dan sosialisasi pelaksanakan Pilkades ke masyarakat. Sebagian panitia mengumumkannya melalui tempat ibadah, balai makan, door to door hingga selebaran, sehingga masyarakatpun tahu bahwa di desanya bakal melaksanakan Pilkades serentak tahun 2022,” ulasnya.

Karena masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, Panitia juga akan menyelenggarakan Pilkades dengan mematahui Protokol Kesehatan, menyediakan tempat cuci tangan dan menggunakan masker diarea Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Pemungutan suaranya dilakukan tanggal 22 Juni 2022,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022 ini sebagian menggunakan dana APBD Bateng. APBD Bateng digunakan untuk mengadakan kotak suara, bilik suara, surat suara serta paku pencoblos.

“Kalau sebelum-sebelumnya menggunakan dana APBD Bateng murni,” ulasnya.

Iapun mengimbau warga di 29 Desa yang melaksanakan Pilkades serentak tahun 2022 untuk berpartisipasi menyukseskannya. Selain itu, masyarakat juga harus memantau pelaksanaan tersebut, hingga berjalan secara jujur dan adil.

“Mari kita lahirkan Kades-Kades yang berkualitas dan merakyat,” ajaknya.

29 Desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak tahun 2022 di Bateng, yakni Lubukbesar, Lubuklingkuk, Perlang, Trubus, Kulur ilir, Nibung, Terentang III, Baskara Bhakti, Bukit Kijang, Namang, Belilik, Jeruk, Air Mesu, Padang Baru, Batu Belubang, Benteng, Pinang Sebatang, Teru, Pasir Garam, Katis, Simpangkatis, Sungaiselan atas, Kretak, Munggu, Kerantai, Kerakas, Kemingking, Sarang Mandi dan Romadhon. (Agus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed