oleh

Angin Ribut Disertai Hujan Porandakan 45 Bangunan Rumah serta Tempat Ibadah di Batu Belubang dan Kebintik

Pangkalanbaru | Jejakkriminal.com- Agin ribut disertai hujan porak-porandakan bangunan rumah hingga tempat ibadah di Desa Batu Belubang dan Kebintik Kecamatan Pangkalanbaru, Jum’at (11/03/2022) sekira pukul 13.30 Wib.

Camat Pangkalanbaru, Roy Haris mengatakan bencana alam angin ribut disertai hujan itu sempat membuat panik warga yang berada di rumahnya masing-masing.

“Angin ribut datang tiba-tiba usai Sholat Jum’at siang tadi sekira pukul 13.30 Wib,” kata Roy kepada Awak media .

Roy mengatakan peristiwa yang terjadi di Desa Batu Belubang dan Kebintik ini, membuat 45 bangunan rumah dan tempat ibadah rusak ringan hingga berat.

“Di Desa Batu Belubang sendiri, ada 25 bangunan rumah dan 1 tempat ibadah Klenteng yang rusak, lalu di Desa Kebintik terdapat 19 unit rumah yang rusak,” ungkapnya.

Menurut dia, pihaknya bersama aparat Desa Batu Belubang dan Kebintik memberikan imbau door to door kepada warga agar berhati-hati dengan kondisi cuaca yang ekstrem saat ini.

“Jika ada angin ribut disertai hujan segeralah mencari tempat aman,” imbaunya.

Kepala DisosPMD Bangka Tengah (Bateng), Fadlillah menambahkan bahwa pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Bateng serta Kecamatan Pangkalanbaru telah melakukan evakuasi terhadap korban bencana alam angin ribut di Desa Batu Belubang dan Kebintik hingga pukul 17.30 wib.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” ujar Fadlillah.

Sembari mengevakuasi, Padlillah meyebut pihaknya juga menyalurkan bantuan berupa 32 set terpal, 32 selimut, 32 set tikar karpet dan 32 bahan pokok.

“Alhamdulillah, kebutuhan sementara sudah kita salurkan,” ulasnya.

Fadlillah juga mendata kebutuhan bangunan rumah dan tempat ibadah, seperti asbes, seng, genteng, kayu 8×8, kayu 5×7, pasir, paku, papan dan bata merah.

“Tercatat kebutuhan materil yang segera kita salurkan, yakni 343 keping asbes, 2 keping seng, 100 keping genteng, 25 batang kayu 8×8, 30 batang kayu 5×7, 2 mobil dum truk pasir, 3 kg paku, 2 keping papan hingga 2000 buah bata merah,” pungkasnya.

Kepala Desa Batu Belubang, Dasih Tri Wulandari berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bateng yang langsung respon pasca terjadinya bencana alam angin ribut disertai hujan saat ini.

“Alhamdulillah, bantuan yang sangat bermanfaat untuk masyarakat korban bencana alam telah di terimah. Terpal tadi langsung digunakan untuk menutup atap asbes atau seng yang melayang di bawa angin. Begitupun peralatan lainnya, sangat bermanfaat sekali. Terimakasih atas bentuannya,” ujar Dasih.

(Syamsul Bahri/Muni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed